Sekaten 2011, Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS)

Yogyakarta – Tidak seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, mulai tahun ini, Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) Tahun 2011-2012 atau Tahun Wawu (Jawa) 1945 gratis alias tidak dipungut biaya. Penonton bisa menyaksikan aneka hiburan pasar malam sekaten dengan tidak membayar tiket masuk.

Pada pelaksanaan Sekaten untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sebelumnya, warga yang ingin menyaksikan pasar malam harus membayar tiket masuk. Warga baru bisa masuk gratis sebelum Grebeg Maulud atau satu minggu saat Gamelan Kiai Guntur Madu dan Nogowilogo dibunyikan di Masjid Besar Kauman.

Sekarang ini, mulai pembukaan pasar malam sekaten hari ini, Rabu (28/12/2011) hingga satu bulan ke depan atau 5 Februari 2012 bisa menonton dengan gratis. Tema sekaten tahun ini adalah ‘Harmoni Ekonomi, Budaya, dan Religi’.

Ratusan stan perdagangan, hiburan/permainan anak dan stand milik Pemerintah Daerah di DIY sudah berdiri di Alun Alun Utara tempat pelaksanaan sekaten.

“Ada sekitar 280-an stand atau sekitar 80 persen sudah terjual,” kata Ketua PMPS 2011-2012, Eko Suryo Maharso kepada wartawan di sela-sela pembukaan sekaten di Alun Alun Utara, Rabu (28/12/2011).

Menurut Eko, para pemilik stand juga menyambut positif tidak adanya tiket masuk sekaten serta tidak adanya zonasi stand di arena sekaten. Sekitar 80 persen jumlah stand yang terjual itu sudah memenuhi target panitia. Harga jual stand juga bervariasi dari Rp 30 ribu – Rp 120 ribu per meter persegi.

“Yang sudah membayar pembelian stand di atas 50 persen. Sebanyak Rp 630 juta sudah masuk ke kas daerah. targetnya adalah bisa balance dengan pengeluaran total Rp 970 juta. Sisanya akan dibayar pemilik saat berlangsung sekaten,” katanya.

~ oleh BIMA CETTA WIDYATAMAKA pada Desember 29, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: