Bahasa Program Game Komputer

Jakarta – Dengan bahasa pemrograman apa game komputer biasa dibuat?

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat game sangat bergantung pada platform atau teknologi yang digunakan. Untuk game komputer, ada beberapa bahasa yang umum digunakan, di antaranya adalah:

  • C++, walau sudah ada cukup lama, C++ masih banyak sekali digunakan untuk membuat game desktop, mulai dari game indie seperti Crayon Physics Deluxe, bahkan game besar seperti Crysis 2.
  • C#, dapat digunakan pada pembuatan desktop games menggunakan XNA, DirectX, atau Unity3D. Dapat juga digunakan untuk membuat web games menggunakan Silverlight atau Unity3D. Contoh web game yang dibuat menggunakan C# dan Unity3D adalahLiloCity dari Agate Studio.
  • Java, dapat digunakan untuk membuat desktop games, web games (dengan format Java Applet), bahkan bisa untuk mobile games. Contoh game desktop yang dibuat menggunakan Java contohnya Spiral Knights.
  • Actionscript 3, umum digunakan dalam pembuatan web games dalam format Flash Games, contohnya game flash di Facebook seperti Shopping Paradise buatan Agate Studio atau game flash di game portal, seperti Earl Grey and that Rupert Guy yang juga buatan Agate Studio.
  • PHP, HTML, Javascript; bahasa-bahasa pemrograman ini biasa digunakan untuk membuat web games, misalnya yang ada di Facebook seperti Football Saga.
  • Objective-C, bahasa ini spesifik digunakan untuk membuat game di komputer buatan Apple yang menggunakan Mac OS.

Saran kami, pelajari salah satu saja, coba buat sebuah game sampai selesai. Pengalaman membuat game itu sangat penting, karena kamu akan bisa melatih kemampuan programming dasar dan algoritma. Karena antar bahasa pemrograman tidak terlalu berbeda dari sisi algoritma, jadi jika nantinya perlu belajar bahasa pemrograman lain akan lebih mudah jika sudah menguasai salah satu bahasa.

By DR. MLA : Lahir dari perasaan senang saat bermain game, Dr. Mla berusaha keras belajar membuat game. Sebagai crew di Agate Studio, Dr. Mla siap membantu orang-orang yang mau belajar game programming. Mau tahu lebih banyak tentang game development? Follow @AgateStudio atau buka Blog Agate Studio

~ oleh BIMA CETTA WIDYATAMAKA pada Februari 2, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: