Internet Aman Untuk Anak

Demi kampanye penggunaan internet yang sehat dan aman, khususnya di kalangan anak-anak, Google mengembangkan fitur keamanan dalam mesin pencarinya. Fitur itu bernama SafeSearch Lock.

“Ini sebenarnya sudah lama, namun banyak pengguna di sini yang belum mengetahui,” kata Mike Orgill, Country Lead Public Policy Goverment Affairs Google Southeast Asia, dalam pembukaan Seminar Internet Sehat dan Aman oleh Asia Internet Coalition (AIC) bekejasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin, 6 Febuari 2012.

Untuk memulai fitur ini, pengguna dapat mengklik “search setting” di bagian atas mesin pencari Google. Dalam telusur aman nantinya akan muncul setelah penelusuran yang terdapat pilihan “no filtering”, “moderate” dan “strick”.

Pengguna tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. “Jika di ‘strick’, semua kategori, gambar, kata, situs, malware, spam yang dianggap Google tidak layak akan terblokir,” ucap Orgill.

Kemudian pengguna harus sign-in dengan menggunakan akun Google. Jika dalan tampilan mesin pencarian muncul gambar gelembung warna, berarti mesin pencarian sudah memblokir situs maupun tautan tertentu.

Jika pemblokiran ingin lebih detail, pengguna dapat memasukkan situs-situs tertentu yang tidak diizinkan diakses dengan fitur Manage Sites Serch Lock. Fitur ini, lanjut Mike, juga dapat diaplikasikan mobile android, iPhone maupun iPad.

Deborah Nga, APAC Child Safety Lead Google menambahkan bahwa fitur ini merupakan program global dan lebih dikhususkan untuk digunakan orangtua dan guru. “Kami mempromosikan mulai hari ini sosialisasi secara luas,” ucapnya. (ren)

• VIVAnews

~ oleh BIMA CETTA WIDYATAMAKA pada Februari 6, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: