Kebiasaan Penyebab Kegemukan

Mengonsumsi makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi merupakan salah satu faktor penyebab kegemukan. Tapi ada hal-hal yang tanpa disadari ikut berkontribusi memicu kegemukan, dan itu sering dianggap faktor kecil bahkan sepele. Ini dia kebiasaan sehari-hari yang membuat berat badan Anda berlebih, seperti dikutip dari Health Me Up:

1. Kurang Tidur
Hati-hati! Kurang tidur bisa membuat Anda menggemuk. Menurut sejumlah penelitian, tidur yang tidak berkualitas memperlambat metabolisme tubuh seseorang sebanyak 5 hingga 20%. Kurang tidur juga memengaruhi hormon pemicu rasa lapar, membuat Anda lebih mudah lapar sehingga Anda pun ingin makan terus menerus seharian.

2. Makan Saat Berkendara
Saat makan sambil menyetir mobil, Anda cenderung tidak memperhatikan makanan apa saja yang diasup dan lebih mementingkan agar perut terasa kenyang begitu sampai di kantor. Maka dari itu, hindari membawa bekal sarapan cepat saji seperti nasi goreng, mie instan atau sandwich dengan isian sosis. Bangunlah lebih pagi agar bisa menyiapkan sarapan sehat bergizi dan jika benar-benar tidak sempat, bawalah buah yang mengeyangkan seperti pisang atau apel.

3. Makan Sambil Nonton TV/ Film
Nonton film di bioskop, tidak akan seru tanpa mengunyah pop corn bermentega dan menyeruput minuman soda. Begitu juga saat Anda nonton TV dengan sebungkus besar keripik kentang atau cookies. Kenapa orang cenderung ingin melahap kudapan saat menonton? Karena Anda lebih fokus pada apa yang dilihat daripada yang dimakan, sehingga otak tidak bisa mengirimkan sinyal kalau perut sudah kenyang.

4. Tidak Ada Variasi Makanan
Mengonsumsi makanan yang itu-itu saja, siang dan malam, juga jadi pemicu kegemukan. Meskipun yang Anda santap adalah makanan sehat, tapi jika yang masuk ke dalam tubuh setiap hari adalah nutrisi yang sama akan menjadikan Anda bosan dan akhirnya mencari kudapan yang tak sehat saat makan di luar.

5. Sering Hang Out di Coffee Shop
Merasa bosan sedkit, Anda sudah mengajak teman untuk kumpul-kumpul di coffee shop. Apa yang dipesan? Cappuccino, cafe latte atau blended caramel machiato, juga sepotong cake tiramisu sebagai pendamping. Jika dilakukan terlalu sering, jangan kaget berat badan akan bertambah secara berlebihan. Batasi acara minum kopi bersama teman, dan jika Anda diharuskan untuk sering meeting dengan klien di kedai kopi atau restoran, pesanlah black coffee dengan gula aren.

Hestianingsih – wolipop

~ oleh BIMA CETTA WIDYATAMAKA pada Mei 1, 2012.

2 Tanggapan to “Kebiasaan Penyebab Kegemukan”

  1. postingan yang bermanfaat kak😀

    aku juga lagi pengen diet nih😀

    kalo aku sih malah banyakan tidurrr. . . wkwkwk

    Suka

    • ha haha sama, banyak makan dan banyak tidur, soalnya kalau begadang ngak ngemil ngantuk

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: