Resiko Teknologi

Beberapa waktu yang lalu di sebuah SD negeri ada anak kelas 4 dan 5 ( SD Bro ) ketahuan sedang menonton sebuah film yang belum saatnya dan tidak semestinya di tonton oleh anak anak dibawah Umur ( melalui HP ).

Sebuah kejadian yang membuat para orang tua harusnya berpikir ulang untuk memberikan HP yang memiliki kemampuan untuk memuat dan memutar Foto maupun Film. Aturan  di sekolah semestinya juga diperketat perihal alat komunikasi ini ( untuk dibawa ke sekolah ). Ada beberapa sekolah yang melarang para siswanya untuk membawa HP (ada beberapa sd dan SMP menerapkan aturan ini , akan tetapi pihak sekolah memberikan fasilitas telepone umum untuk siswanya), atau sering sering di cek saja oleh para guru.

Akan tetapi ini juga bukan semata mata tanggung jawab sekolah , yang lebih penting lagi adalah kepedulian orang tua untuk memantau anak anaknya ( apalagi yang sdh dikasih fasilitas HP, Ipad maupun Notebook ) agar selalu cek apa isi dari gadget mereka itu, sehingga sebagai orang tua bisa mengontrol kalau kalau ada sesuatu yang tidak semestinya berada didalam gadget anak anak.

Selain itu ada sebuah studi bahwa anak anak dibawah usia 12 tahun adalah kelompok yang paling rentan terkena dampak negatif dari penggunanan Ponsel ada beberapa jenis penyakit yang bisa menjangkiti kelompok ini, seperti :  Alzheimer, Parkinson dan multiple sklerosis, stroke , penyakit jantung, serta  sakit kepala dan gangguan tidur. ( ada baiknya berikan headset untuk bertelepone, karena akan engurangi dampak buruknya )

Maka bijaksanalah para ORTU  apabila hendak memberikan fasilitas kepada anak anaknya, karena Alat alat ini selain memberikan kemudahan juga ada dampak negatif nya.

Dan yang pasti adalah ajarkan Agama dengan sungguh sungguh kepada anak anak kita.

 

~ oleh BIMA CETTA WIDYATAMAKA pada Oktober 20, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: