Makanan Terbaik Bagi Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita di dunia. Alasan utamanya adalah karena pengaruh gaya hidup dan makan makanan manis yang berlebihan. Penggunaan MSG dalam makanan pun mempunyai pengaruh besar yaitu menurunkan fungsi pankreas sebagai pengolah gula menjadi energi.

Bagi yang sedang mengidap penyakit ini, atau bagi yang sedang melakukan pencegahan, Anda dapat mengubah gaya hidup dan pola makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Berikut adalah 10 makanan terbaik bagi penderita maupun non penderita diabetes:

1. Sayuran
Dikemas dengan nutrisi pembangkit tenaga, sayuran secara alami mengandung rendah kalori, dan mengandung banyak serat. Memuat piring Anda dengan sayuran otomatis Anda memakan lebih sedikit karbohidrat sederhana (yang meningkatkan gula darah) dan lemak jenuh (yang meningkatkan resistensi insulin).

2. Buah-buahan
Buah sangat bagus untuk memberikan nutrisi dan vitamin bagi tubuh Anda. vitamin C berfungsi sebagai penguat imun dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Namun, karena buah-buahan mempunyai kadar gula yang tinggi, buah harus dikonsumsi sesuai aturan. Setiap hari, cukup makan satu macam buah, sedikit saja. Lebih baik di-blender tanpa gula.

3. Kedelai
Kedelai adalah sumber serat terbaik, yang tidak hanya membuat Anda merasa kenyang lebih lama, tetapi dapat juga memperlambat pencernaan dan menjaga gula darah naik setelah makan. Jadi, jika lapar, rebusan kacang panjang atau kacang tanah dapat menjadi pilihan.

4. Sereal
Sarapan sereal adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mendapatkan kebutuhan serat. Menurut penelitian, orang yang memulai pagi hari dengan sereal tinggi serat benar-benar akan merasa tidak lapar seharian, sehingga anda akan terhindar untuk mengonsumsi cemilan atau makan karbohidrat yang berlebihan.

5. Ikan
Lemak ikan adalah sumber terbaik omega-3 yang luar biasa baik untuk Anda. Lemak ini tidak merugikan, tapi justru menjaga arteri agar tidak mudah tersumbat. Orang dengan diabetes sering memiliki trigliserida tinggi dan rendahnya tingkat HDL. Makanlah ikan salmon setidaknya dua kali seminggu. Sumber yang sangat baik dari omega-3 adalah ikan salmon.

6. Dada Ayam
Serbaguna dan rendah kalori, dada ayam adalah makanan praktis yang penuh keajaiban. Tidak seperti steak dan hamburger, dada ayam mengandung sedikit lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol dan resistensi insulin, sehingga gula darah lebih sulit dikontrol. Perlu anda ketahui bahwa setiap 3-ons porsi dada ayam tanpa kulit hanya memiliki 142 kalori dan 3 gram lemak. Dada kalkun bahkan lebih ramping dan lebih rendah kalori.

7. Kacang
Kacang memiliki beberapa hal baik bagi Anda. Mereka adalah lemak baik yang berfungsi untuk melawan penyakit jantung. Lemak ini bahkan telah terbukti membantu mengurangi resistensi insulin dan membuat gula darah lebih mudah dikontrol.

8. Minyak zaitun
Bagi orang Mediterania, Minyak zaitun menjadi obat penyakit jantung yang sangat mujarab karena dianggap sebagai lemak baik yang membantu memangkas risiko serangan jantung dan telah terbukti membantu menjaga gula darah dengan mengurangi resistensi insulin.

9. Yoghurt
Yoghurt adalah susu fermentasi yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Makanlah Sebagai camilan atau untuk sarapan, pilih plain yogurt tanpa lemak, dan tambahkan buah segar atau taburan bibit gandum atau granola rendah lemak untuk ledakan nutrisi tambahan.

10. Kayu Manis
Percaya atau tidak! Hanya dengan menaburkan kayu manis pada makanan, Anda bisa menurunkan gula darah, apalagi jika direbus untuk minumam setiap pagi. (rd.com/MG2-Octavia)

 Joko Widiyarso

~ oleh BIMA CETTA WIDYATAMAKA pada November 17, 2012.

2 Tanggapan to “Makanan Terbaik Bagi Penderita Diabetes”

  1. INFO SEHAT bagi penderita DIABETES Sangat Bermanfaat Sekali….Sukses Slalu

    dari http://herbaldiabetesmelitus.blogdetik.com
    HP. 0812 6537 197

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: