Wajah Baru Tugu Yogya

Tugu Yogya

Tugu Yogyakarta adalah sebuah tugu atau menara yang sering dipakai sebagai simbol/lambang dari kota Yogyakarta. Tugu ini dibangun oleh Hamengkubuwana I, pendiri kraton Yogyakarta. Tugu yang terletak di perempatan Jl Jenderal Sudirman dan Jl. Pangeran Mangkubumi ini, mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Pada saat melakukan meditasi, konon Sultan Yogyakarta pada waktu itu menggunakan tugu ini sebagai patokan arah menghadap puncak gunung Merapi.

Tugu ini sekarang merupakan salah satu objek pariwisata Yogya, dan sering dikenal dengan istilah “tugu pal putih” (pal juga berarti tugu), karena warna cat yang digunakan sejak dulu adalah warna putih. Tugu pal ini berbentuk bulat panjang dengan bola kecil dan ujung yang runcing di bagian atasnya. Dari kraton Yogyakarta kalau kita melihat ke arah utara, maka kita akan menemukan bahwa Jalan Malioboro, Jl Mangkubumi, tugu ini, dan Jalan Monument Yogya Kembali akan membentuk satu garis lurus persis dengan arah ke puncak gunung Merapi.

Kemuncak Tugu tersebut terbuat dari kayu jati, berbentuk uliran, dan dilapisi prodo emas (cat yang mengandung emas). Sebenarnya, tidak ada perubahan dengan kemuncak sebelumnya yang telah berusia sekitar 123 tahun sejak pertama didirikan pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Namun, kemuncak sebelumnya telah keropos di bagian bawah dan warna emasnya telah luntur.

Paku emas ( emas 22 karat seberat 7 gram ) yang dipasang di Kemuncak Tugu merupakan lambang pancaran sinar Illahi dan kemulian. Dengan ini diharapkan masyarakat Yogyakarta akan selalu mendapatkan kemudahan dari Allah dalam semua urusan.

“Selain sebagai ikon wisata, Tugu Yogyakarta merupakan simbol karisma seorang Raja kepada rakyatnya. Revitalisasi Tugu yang dilakukan dipastikan tidak akan merusak dasar filosofi dari Tugu yang melambangkan hubungan Vertikal dan Horisontal atau Habluminallah dan Habluminannas,” kata Sultan usai upacara penancapan Paku emas kemuncak Tugu, di Kepatihan Yogyakarta.

Tugu Yogyakarta yang baru dengan warna putih kini terlihat lebih cerah dan bersinar. Tulisan huruf Jawa dan simbol-simbol di Tugu dilapisi dengan prodo emas sehingga nampak lebih cerah.

~ oleh BIMA CETTA WIDYATAMAKA pada Desember 18, 2012.

5 Tanggapan to “Wajah Baru Tugu Yogya”

  1. kaka di yogya?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: